Rumah memang merupakan tempat yang seharusnya menjadi tempat yang aman untuk berlindung dan juga aman dari potensi bahaya. Namun ternyata, rumah juga bisa menjadi tempat terjadinya sebuah kecelakaan. Itulah sebabnya, menggunakan asuransi kecelakaan diri cukup penting agar terhindar dari kerugian finansial yang akan dirasakan seusai terjadinya kecelakaan.

Meskipun begitu, ada baiknya jika Anda tetap waspada dengan risiko kecelakaan yang mungkin terjadi selama berada di rumah, seperti:

  1. Jatuh dari tangga

Kecelakaan di rumah yang paling umum pertama adalah adanya anggota keluarga yang jatuh atau terpeleset di tangga. Tidak hanya dapat menimpa anak kecil, kecelakaan ini juga dapat menimpa orang dewasa karena tercatat bahwa satu dari lima orang dewasa mengalami patah tulang atau gegar otak karena terjatuh dari tangga. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa tangga di rumah memiliki desain yang ideal dan dipasangi oleh railing yang terbuat dari material yang kokoh. Selain itu, kamu juga harus selalu memperhatikan bahwa lantai tangga selalu dalam keadaan yang kering.

  1. Kebakaran

Kebakaran tidak selalu berasal dari perangkat memasak dan alat elektronik saja, melainkan juga bisa disebabkan oleh kelalaian seperti meninggalkan ruangan dengan lilin aroma terapi menyala dan membuang puntung rokok sembarangan sebelum benar-benar mematikannya. Cara menghindari rumah dari si pelahap maut adalah dengan mengawasi penggunaan benda-benda yang dapat menjadi sumber api. Jauhkan sumber panas dari benda-benda mudah terbakar seperti kayu, kain, plastik, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk tidak meninggalkan dapur dan segera mematikan kompor seusai digunakan saat memasak.

  1. Korsleting listrik

Korsleting listrik yang terjadi di rumah juga merupakan suatu potensi kecelakaan yang sangat berbahaya. Selain risiko tersengat, korsleting listrik juga dapat menyebabkan rusaknya elektronik hingga kebakaran. Korsleting listrik ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti penataan kabel yang tidak rapi, buruknya kualitas perangkat listrik, kesalahan saat instalasi listrik, atau instalasi listrik yang sudah terlalu lama. Untuk mencegahnya, pastikan bahwa komponen yang berhubungan dengan istalasi listrik menggunakan kualitas yang bagus dan sesuai standar nasional Indonesia, serta lakukan pengecekan instalasi listrik secara berkala. Untuk hal tersebut, jangan lakukan sendiri, tetapi kamu bisa memanggil ahli instalasi listrik untuk melakukannya.

Nah, itu dia beberapa potensi kecelakaan di dalam rumah yang dapat terjadi dan juga cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *